Senin, 28 November 2011

Tafsiran Mars PLH


Judul : Mars PLH
Ciptaan : Drs.Oan Hasanuddin,RO.,Akp.,MA.
Aransemen : F. Ilham,SPd.

Bait 1 :
Tuhan ciptakan alam nan indah
Manusia penerima amanah
Wahana Karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah

Tafsir :
Alam yang telah diciptakan oleh Tuhan begitu indah. Manusia adalah orang yang diutus Allah untuk meneriman amanah untuk menjaga alam yang indah itu, banyak ciptaan Allah yang bernilai ibadah bagi makhluk yang diciptakan adalah sesuatu yang telah Allah ciptakan untuk makhluk-NYA. Segalanya ada manfaat,jangan sampai serakah dalam memanfaatkannya.

Bait 2 :
Karya agungnya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbuh subur
Jagad raya sujud syukur

Tafsir :
Karya-karya yang diciptakannya sangatlah begitu banyak dan semuanya bernilai luhur. Dan semua makhluk hidup dengan kemakmuran sehingga banyak kenaikan yang tumbuh dengan subur, Dan dia menciptakan itu semua agar mereka lebih bersyukur kepada-Nya

Bait 3 :
Buma buha mata
Buka mata buka hati
Memelihara alam titipan Allah

Tafsir :
Segala ciptaan yang telah didapatkan dan kita rasakan hanya dari Allah. Oleh karna itu kita harus melihat di sekitar kita,membuka hati kita untuk selalu memelihara dan melestarikan alam yang telah dititipkan secara cuma-cuma oleh Allah. Jangan pernah sekalipun untuk merusak alam titipan Allah.

Bait 4 :
Jagalah mata, jagalah hati
Ayunkan tangan, langkahkan kaki
Memelihara alam titipan ilahi
Cermin insan khalifah fil ardhi ..

Tafsir :
Marilah kita jaga mata dan hati kita jangan sampai merusak Alam yang telah di ciptakan Allah, Dan marilah kita ayunkan tangan dan kaki kita untuk memelihara alam yang di ciptakan oleh ilahi, karena perbuatan itu adalah perbuatan yang sangat mulia. Dan itu merupakan sosok seorang pemimpin dunia.

Bait 5 :
Karena ulah tangan manusia
Darat dan laut rusak binasa
Warisan anak cucu tak tersisa
Bencana alam dimana-mana

Tafsir :
Karna ulah tangan manusia yang tak bertanggung jawab segalanya manusia rusak dari darat hingga laut. Semuanya mereka rusak hingga binasa,hingga tak ada warisan atau sisa untuk generasi penerus kedepannya. Semuanya telah habis,tak hanya itu, bencana juga akan menimpa diberbagai daerah. Itu semua akibat ulah tangan manusia.

Bait 6 :
Jiwa siswa SMA 8
dan pendidikan lingkungan hidup
ecological youth enviromental source
Siswa peduli ingkungan hidup
Cermin insan khalifah fil ardi
Huuu........ fil ardhi .. 

Tafsir :
Seluru siswa SMA 8 serta pendidikan lingkungan hidup selalu berperan aktif untuk peduli dan memelihara alam, karna manusia adalah pemimpin dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar